Bayar Lebih Mahal, Layanan Haji Khusus di Bawah Standar

JawaPos.com – Kendati membayar lebih mahal dibanding haji reguler, ternyata masih ada jamaah haji khusus (dulu disebut haji plus) yang mendapat pelayanan di bawah standar. Kementerian Agama (Kemenag) kini menelusuri penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) alias biro-biro travel haji yang diduga melanggar ketentuan tersebut.

Berdasa data Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag, jumlah jamaah haji khusus tahun ini sebanyak 16.840 orang. Mereka diberangkatkan oleh 254 biro travel yang tergabung dalam 158 konsorsium PIHK.

Sesuai ketentuan, standar biaya haji khusus minimal USD 8 ribu atau sekitar Rp 117.600.000, dengan asumsi kurs USD 1 adalah Rp 14.700. Biasanya, biro travel mematok angka lebih dari standar dengan alasan fasilitas yang diberikan juga di atas standar.

Angka tersebut jauh lebih mahal dibanding biaya haji regular yang berkisar Rp 32 juta sampai Rp 39 juta per orang.

Kabid Pengawasan PIHK Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Mulyo Widodo menjelaskan, pihaknya telah melakukan survei langsung ke sejumlah apartemen transit haji khusus.

“Kami mendapati ada penempatan di apartemen transit lebih dari lima hari,” terangnya.
Sesuai Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 22 Tahun 2011, apartemen transit di Makkah memang digunakan maksimal lima hari. Kenyataannya, tim kemenag menemukan ada jamaah haji khusus yang tinggal selama sepuluh hari.

Mulyo Widodo mengaku sudah menanyakan masalah tersebut kepada biro travel haji. “Mereka beralasan susah mendapatkan hotel saat peak season. Karena itu mereka sewa apartemen transit,” katanya.

Selain itu, apartemen transit harus memiliki fasilitas setara hotel bintang empat dan mudah diakses menuju Masjidil Haram (selengkapnya lihat grafis).

Tim Pengawasan PIHK juga menerima keluhan dari jamaah haji khusus tentang lift yang terbatas. ’’Lift hanya satu. Padahal jamaahnya banyak. Akhirnya harus antre lama,’’ terangnya.

Dia mengatakan, pihaknya akan mengonsultasikan temuan tersebut dengan tim kemenag di Jakarta. Pemilik biro travel haji khusus akan dipanggil untuk diklarifikasi.

Jika ditemukan kesalahan, kemenag bisa menjatuhkan sanksi mulai teguran hingga pencabutan izin. Namun, Widodo menegaskan, pencabutan izin tidak bisa dilakukan sewenang-wenang.

Biasanya, sanksi pencabutan izin diberlakukan jika ditemukan akumulasi kesalahan.”Temuan kami untuk sementara ini belum cukup untuk alasan pencabutan izin usaha,” pungkasnya.

Banyak Masalah

Sementara itu, ketidakberesan penyelenggaraan haji khusus juga ditemukan petugas haji daerah kerja Makkah, Bramana Aji. Petugas haji dari kemenag itu menemukan ada jamaah haji khusus yang ditempatkan di wilayah Khalidiyah.

Padahal, kawasan tersebut relatif sepi. Tak ada angkutan umum.”Berbeda misalnya dengan kawasan Syisyah yang ditempati jamaah haji regular. Kawasan itu dilewati bus sholawat yang gratis. Taksi juga banyak,” terang Bram-sapaan akrabnya-.

Dia juga mendapati ada kamar yang diisi enam orang. Padahal, kamar untuk haji khusus seharusnya ditempati maksimal empat orang.

Layanan kesehatan juga bermasalah. Bram menemukan ratusan haji khusus hanya disediakan satu dokter. Sesuai peraturan, satu dokter seharusnya melayani maksimal 90 jamaah.

Bram juga melihat ada kasur hotel yang mulai melengkung, tanda sudah usang. Selain itu, ada rombongan haji khusus yang berjumlah 350 orang.

“Padahal, satu biro haji dibatasi maksimal memberangkatkan 200 orang dan minimal 45 orang. Seharusnya, kelebihan jamaah itu dilimpahkan ke PIHK lain,” pungkasnya.

Standar Pelayanan Minimal untuk Haji Khusus:

– Masa tinggal di Arab Saudi paling lama 27 hari

– Mendapat seorang pembimbing setiap 45 orang

– Mendapat layanan transportasi selama di Arab Saudi, satu bus maksimal 45 orang

– Tinggal di hotel bintang 4 selama di Makkah, Madinah, dan Jeddah

– Jarak hotel paling jauh 500 meter dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

– Satu kamar hotel diisi paling banyak empat orang

– Konsumsi harus menu Indonesia dan disajikan secara prasmanan

– Mendapat jatah satu dokter untuk maksimal 90 jamaah

– Mendapat asuransi, gelang haji, dan kartu identitas haji

Keterangan

Biaya Haji Khusus Minimal USD 8.000 atau Rp 117.600.000, dengan asumsi kurs USD 1 adalah Rp 14.700

oni/jpk

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.