Dicoret dari Skuat Spanyol, Jordi Alba Ogah Telepon Enrique

loading…

Bek kiri Barcelona Jordi Alba terkejut karena namanya tak masuk dalam skuat Spanyol untuk turnamen Liga bangsa-Bangsa Eropa/Foto/Reuters

MADRID – Bek kiri Barcelona Jordi Alba terkejut karena namanya tak masuk dalam skuat Spanyol untuk turnamen Liga bangsa-Bangsa Eropa (UEFA National League) 2018. Kendati tersisih, Alba tetap menghormati keputusuan pelatih Luis Enrique.

Alba telah memperkuat Spanyol dari peridoe 2011-2-18 dan bermain di empat turnamen internasional (Piala Eropa 2012, 2016 dan Piala Dunia 2014, 2018). Tetapi pada Minggu (2/9/2018) dnamanya dicoret dalam daftar tim pelatih baru Luis Enrique untuk pertandingan UEFA National League melawan Inggris dan Kroasia.

Gelandang Atletico Madrid Koke juga absen sementara bek kiri Valencia Jose Gaya merupakan nama baru yang memperkuat timnas Spanyol yang sekaligus melengkapi kabar kejutan dari skuat timnas Spanyol.

“Saya tidak menyangka tak menjadi bagian dalam skua. Saya ingin bermain untuk tim nasional tetapi itu adalah keputusan pelatih dan saya harus menghormatinya,” kata Alba dikutip dari Marca (3/9/2018)

“Musim lalu sangat bagus dan musim ini sudah dimulai dengan baik. Saya menghargai apa yang saya lakukan untuk klub dan akan melihat apa yang terjadi dengan tim nasional. Jika saya melakukan sesuatu dengan baik di klub, saya bisa memiliki kesempatan untuk kembali ke skuat. Saat ini Marcos Alonso dan Jose Gaya berada di skuat dan mereka adalah dua pemain bek kiri hebat.” beber pria berpostur 170 cm tersebut.

Ditanya apakah dia telah berbicara dengan Luis Enrique untuk berbicara tentang masalah ini, dia mengatakan tidak memerlukannya.

“Saya tidak perlu menelepon siapa pun. Ini keputusan yang diambilnya. Saya tidak punya masalah dengan siapa pun di level profesional dan saya sangat senang di klub,” pungkasnya.

Alba merupakan pemain pilihan pertama di dua musim pertama Luis Enrique saat menjabat sebagai pelatih Barcelona periode 2014-2017. Alba berhasil di  memenangkan gelar La Liga berturut-turut serta Liga Champions dan mengangkat Copa del Rey dua kali.

Namun, dia kehilangan tempatnya di tim untuk bek asal Prancis Lucas Digne untuk tahapan kampanye terakhir pelatih. Selain itu di musim terakhir Enrique, dia juga kerap menerapakan skema 3-4-3 yang tentunya menghilangkan satu tempat pemainn belakang.

Pemain 29 tahun itu sempat mengkritik  Enrique dalam sebuah wawancara tahun lalu, mengatakan dia merasa lebih baik di bawah pelatih Ernesto Valverde daripada di bawah kepemimpinan Enrique.

(sha)