Layani Tamu, Hotel di Jepang Pekerjakan Robot Dinosaurus

loading…

Robot Dinosaurus di Hotel Henn Tokyo Jepang. FOTO/ Istimewa

TOKYO – Sebuah hotel di Tokyo Timur punya cara unik untuk menggaet para tamu hotel. Semua resepsionis di Hotel ini menggunakan robot yang berbentuk dinosaurus.

Begitu masuk Hotel Henn sambutan dari sepasang dinosaurus raksasa yang terlihat seperti karakter film Jurassic Park dengan topi kecil di kepala saat memeriksa masuk dan keluar.

Robot dinosaurus mengelola proses masuk pengunjung melalui sistem tablet yang memungkinkan pelanggan untuk memilih beberapa bahasa termasuk Jepang, Inggris, Cina atau Korea untuk berkomunikasi dengan robot.

“Dinosaurus terlihat menarik dan anak saya sangat menyukainya. Anak saya juga sangat senang bermain dengan telur berbentuk robot di kamar, “kata salah seorang pengunjung, Chigusa Hosoi seperti dilansir dari AFP.

Setiap kamar di hotel dilengkapi dengan robot mini yang terlihat seperti di Star Wars, sebuah droid BB-8 yang membantu tamu beralih saluran televisi atau mendengarkan musik.

Bahkan ikan yang berenang di akuarium di lobi juga bergerak menggunakan baterai dengan lampu listrik di badan yang selalu berkedip saat berenang.

Cabang pertama hotel dibuka di Nagasaki pada tahun 2015 dan dikonfirmasi tahun berikutnya oleh Guinness World Records sebagai hotel pertama di dunia yang dijalankan oleh robot.

Hotel ini memiliki delapan cabang di seluruh Jepang, yang semuanya memiliki robot dinosaurus dan personel humanoid yang bertugas.

Ada juga staf reguler yang akan dipanggil untuk membantu interupsi, tetapi banyak ulasan pelanggan online menjelaskan bahwa mereka jarang menghadapi masalah dengan robot ini saat check-in.

Manajer hotel, Yukio Nagai, mengatakan perusahaan mengandalkan robot dalam banyak hal dari meja depan ke divisi pembersih dan telah membuktikannya sebagai pilihan yang tepat di negara dengan pasar tenaga kerja yang terbatas.

“Kami kesulitan mendapatkan cukup tenaga kerja di hotel. Untuk mengatasi masalah itu, kami menggunakan robot untuk melayani tamu, “katanya.

(wbs)