Ketika Menristekdikti Sentil Nasionalisme Generasi Milenial

JawaPos.com – Generasi milinial hidup di tengah perkembangan teknologi digital. Perkembangan itu menjadi tantangan bagi generasi Z ini menjaga nasionalismenya. Sebab nasib bangsa ini ke depannya akan dipertaruhkan kepada mereka.

Pandangan itu dikemukakan Menristekdikti Mohamad Nasir. Menurutnya, mahasiswa harus bisa fokus menjaga NKRI, Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara, dan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

“Kita tidak boleh lupa pada para pendiri bangsa. Mahasiswa menjadi pengawal NKRI dan meningkatkan rasa nasionalismenya,” ujar Nasir usai memberikan materi di hadapan para mahasiswa Universitas Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (5/9).

Dalam kuliah umum itu Nasir menyampaikan materi persatuan yang bertajuk ‘Meneguhkan Doktrin Pancasila Memajukan Indonesia’. Dia berpesan, mahasiswa agar terus meningkatkan skillnya di tengah kemajuan teknologi di era milenial. Sebab mahasiswa penentu nasib bangsa di era mendatang.

“Bagaimana mahasiwa dalam menghadapi era milenial ini, yaitu untuk meningkatkan kualitas SDM-nya,” kata dia.

Lebih lanjut dikatakanya, mahasiswa bukan hanya ikut bergerak, namun juga sebagai penggerak terhadap pembangunan nasional. Pertumbuhan ekonomi nasional ke depan juga menjadi tanggung jawab generasi milenial saat ini.

“Dan saya sangat senang sekali mudah-mudahan mahasiswa yang ada di Balikpapan ini apalagi yang ada di Universitas Balikpapan ini bisa bersatu untuk membangun negeri ini,” tuturnya.

Oleh karena itu, pada zaman serba digitalisasi sekarang, mahasiswa harus mengerti masalah literasi dalam bidang bahasa, data, maupun teknologi. “Kalau kita kuasai dengan baik, maka mereka akan menghasilkan sumber daya yang baik. Sekarang masalah mutu menjadi vintage. Maka perangkat ini harus kita siapkan semuanya. Ini kalau bisa kami sebut era distraktif Indonesia,” jelas Nasir.

Era digital saat ini bukan sekadar tantangan dari mahasiswa tapi juga peluang untuk merebut masa depan. “Antara tantangan dan peluang itu jadi satu ya. Harus dijadikan peluang. Jangan karena tantangan kita nggak bergerak. Tantangan menjdi peluang,” pungkasnya.

(yes/JPC)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.