Pilih Fokus di Pendidikan, Jack Ma Beri Isyarat Ingin Pensiun

loading…

Chairman Eksekutif Alibaba Grup, Jack Ma. FOTO/ Ist

BEIJING – Salah satu pendiri raksasa e-commerce  Alibaba, Jack Ma, menyatakan akan pensiun dari bisnis yang didirikannya tersebut. Ia mengaku akan memfokuskan perhatiannya pada kegiatan amal dan pendidikan.

Dalam sebuha wawancara, Ma mengatakan bahwa pensiunnya bukanlah akhir dari sebuah era tetapi “awal dari sebuah era.” Dia mengatakan dia akan menghabiskan lebih banyak waktu dan kekayaannya terfokus pada pendidikan. “Saya suka pendidikan,” katanya mengutip laman The New York Times, Sabtu (8/9/2018).

Ia akan tetap berada di dewan direksi Alibaba dan terus membimbing manajemen perusahaan. Saat ini ia menduduki posisi ketua eksekutif Alibaba, setelah menyerahkan peran CEO kepada David Zhang pada tahun 2013 dan mengendalikan Ant Financial, Alipay yang berganti nama dan sekarang anak perusahaan jasa keuangan Alibaba.

Ma, yang kini berusia 54 tahun memulai Alibaba pada tahun 1999 dan mengembangkannya menjadi bisnis senilai USD420 miliar yang membuatnya memiliki total kekayaan sebesar USD40 miliar (setara Rp596 triliun).

Namun ia merasa bahwa masa-masa terbaiknya adalah ketika mengajar di Universitas di kota Hangzhou.

“Saya pikir, suatu hari nanti, sesegera mungkin saya ingin kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang menurut saya bisa saya lakukan lebih baik ketimbang menjadi CEO Alibaba,”

Ia dikabarkan sedang membangun Jack Ma Foundation, yang akan difokuskan pada pembinaan pendidikan untuk warga pedesaan China.

(wbs)