Preview Inggris vs Spanyol: Wembley Membara

loading…

Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate memberikan arahan kepada skuat besutannya jelang laga melawan Spanyol di ajang Liga Bangsa-Bangsa. / Foto: Reuters

LONDON – Tim nasional Inggris akan menjamu Spanyol di pertandingan UEFA National League (Liga Bangsa-Bangsa), Divisi A Grup 4 di Wembley Stadium, London, Minggu (9/9) dini hari WIB. Ini merupakan pertandingan kompetitif kedua negara setelah ajang Piala Dunia 2018.

Inggris dan Spanyol memiliki catatan yang sangat berbeda dalam menatap laga ini. Three Lions akan menerima sambutan besar dari para pendukungnya setelah mampu mencapai semifinal Piala Dunia 2018. Sementara Spanyol masih harus bisa menunjukan kualitasnya sebagai salah satu tim terbesar di dunia seusai tersisih lebih awal di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Di samping itu, pelatih Inggris, Gareth Southgate telah menjaga pemain inti yang tak asing bagi skuat yang tampil sangat baik di musim panas, sementara Spanyol memulai periode transisi dengan pelatih baru Luis Enrique. Inggris jelas lebih difavoritkan di laga ini, karena sudah memiliki kekompakan tim jika dibandingkan Spanyol.

Laga ini merupakan pertemuan pertama kedua negara di turnamen resmi sejak Euro 1996 (pertandingan persahabatan tidak dihitung) ketika Inggris menang 4-2 melalui drama adu penalti untuk melaju ke semifinal.

Meskipun Inggris memimpin keseluruhan head-to-head pertemuan, tapi Spanyol telah memenangkan empat dari enam pertandingan terakhir antara kedua negara. Sebab itu Inggris tidak boleh menganggap remeh La Furia Roja.

Selain itu, Inggris juga masih memiliki kelemahan menjelang laga nanti. Hal itu terlihat dari penampilan mereka di Piala Dunia 2018. Inggris kehilangan banyak peluang di Piala Dunia dan terlalu banyak mengandalkan mencetak gol dari set-piece.

Mereka perlu menjadi tim yang mampu lebih mematikan dari permainan terbuka jika mereka ingin lolos dari grup ini. Skema 3-5-2 yang diterapkan pelatih Inggris selama Piala Dunia akan kembali diterapkan di laga nanti.

Dan itu bisa menjadi bumerang untuk Inggris mengingat formasi itu adalah strategi untuk serangan balik yang memerlukan kesalahan lawan di area tengah. Dan sayangnya, Inggris akan menghadapi Spanyol yang merupakan lawan yang sangat dispilin dan diprediksi tak akan melakukan kesalahan dalam melakukan passing di lapangan tengah.

Pelatih Spanyol, Luis Enrique akan mengandalkan formasi 4-3-3 seperti yang dia terapkan ketika memenangkan treble Barcelona pada 2014/2015. Semua pemain depannya diposisikan lebih dalam dari luar kotak penalti lawan sehingga jarak antara pemain lini tengah dan depan sangat dekat. Ini berarti bahwa tim dapat menyerap tekanan yang akan dilakukan lawan dan akan cepat beraksi ketika lawan melakukan kesalahan di area tengah.

Pola itu memberikan tim bermain dalam versi yang lebih langsung dan membuat tim leluasa dalam menguasai jalannya pertandingan. Enrique telah mengatakan, dia akan tetap dengan 4-3-3 bersama Spanyol, karena dia sangat menyukainya.

“Dengan skema tersebut, para pemain bisa menguasai jalannya pertandingan. Strategi itu juga bisa meminimalkan kesalahan karena jarak pemain antar lini kami sangat dekat. Itu juga bisa menangkal strategi lawan yang mencoba untuk mengandalkan serangan balik karena mereka harus melewati pemain depan kami terlebih dahalu di area tengah,” jelas mantan pesepakbola FC Barcelona itu.

Prakiraan Susunan Pemain