Space X Kembali Luncurkan Satelit Komunikasi Telstar 18

loading…

Space X kembali akan meluncurkan roketnya. Kali ini membawa satu set misi satelit komunikasi ke orbit yang akan peluncurannya di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral. FOTO/ SINDOnews

JAKARTA – Space X kembali akan meluncurkan roketnya. Kali ini membawa satu set misi satelit komunikasi ke orbit yang akan peluncurannya di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida, pada Minggu Malam pukul 11:28 Eastern Time (11.28 WIB siang) dilansir dari laman Space, Senin (10/9/2018).

Satelit yang menjadi kargonya adalah Telstar 18 Vantage yang juga dikenal sebagai Apstar 5C. Satelit ini akan di operasikan oleh perusahaan telekomunikasi Kanada Telesat dan Hongkong APT Satellite Co. Ltd yang akan memberikan jangkauan komunikasi ke seluruh Asia yang akan membentang dari Hawaii menyeberang ke India dan Pakistan.

Satelit ini memiliki berat 15,564 lbs atau setara dengan 7,060 kg. Setelah peluncuran, satelit akan bermanuver ke orbit geostasioner. APT Satellite akan menggunakan 57,5 persen dari komunikasi satelit, dengan Telesat mengambil sisanya. Satelit ini dinilai beroperasi selama 15 tahun, menurut pihak Telesat.

Sekitar 10 menit setelah lepas landas, SpaceX akan mencoba mendaratkan tahap pertama Falcon 9 di kapal drone-nya,  “Of Course I Still Love You.”

Peluncuran ini juga menandai penerbangan kelima dari Block 5 roket Falcon 9. Space X kembali menerbangkan salah satu Block 5nya pada bulan lalu yang merupakan pertama kalinya varian ini digunakan kembali.

Untuk menyaksikan siaran langsugnnya dapat melalui situs Space,com

(wbs)