Mengunjungi Ar-Rauha, Sumur Bersejarah yang Tidak Terawat

JawaPos.com – Banyak tempat bersejarah di Madinah yang jarang dikunjungi jamaah haji Indonesia. Padahal, tempat-tempat tersebut dianggap memiliki keterkaitan dengan kisah hidup Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah sumur bernama Bir Ar-Rauha.

Bir (sumur) Ar-Rauha berada di kawasan Habt, sekitar 81 kilometer dari Masjid Nabawi, Madinah. Perjalanan ke sumur tersebut butuh waktu sekitar satu jam menggunakan mobil.

Ada beberapa versi sejarah yang terkait dengan sumur ini. Satu versi menyebutkan bahwa Nabi Muhammad dan pasukannya pernah beristirahat di sekitar sumur itu saat perang Badar. Waktu itu, warga setempat tidak ada yang berani mengambil air sumur itu karena beracun. Namun, Nabi bisa menetralisir racun tersebut setelah berkumur dan meludahkannya ke dalam sumur. Versi lain menyebutkan bahwa Nabi dan pasukannya hanya lewat di lembah di kawasan tersebut.

Mengunjungi Ar-Rauha, Sumur Bersejarah yang Tidak TerawatWartawan Jawa Pos Firzan Syahroni di depan sumur Ar-Rauha. (JAWA POS PHOTO)

Siang itu wartawan Jawa Pos Firzan Syahroni mengunjungi Bir Ar-Rauha. Di depan lokasi terlihat dua pedagang. Satu orang menjual minyak yang diklaim mampu menyembuhkan gatal-gatal di kulit. Satunya lagi menjual madu.

Agak ke dalam, terlihat sumur yang memiliki diameter sekitar lima meter. Di atasnya ditutupi jaring besi. Itulah sumur Bir Ar-Rauha. Ada pipa yang menjulur ke dalam sumur. Kondisi Bir Ar-Rauha terlihat tidak terawat. Tembok dan dinding luar sumur dipenuhi coretan.

Di dekat sumur tersebut terdapat musala. Namun, kondisi musala juga kumuh. Tidak ada pintu. Hanya bangunan kotak yang diberi alas karpet penuh debu.

Menurut Nur Ahmed, jamaah haji India yang ditemui Jawa Pos di Bir Ar-Rauha, Nabi Muhammad pernah salat di musala tersebut. Karena itu, jamaah haji India sering berkunjung ke Bir Ar-Rauha.

Kisah mengenai sumur yang diberi racun, lalu diludahi oleh Nabi Muhammad, juga dibenarkan oleh Nur. “Jamaah haji dari negara kami percaya bahwa air sumur ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit,” katanya. Karena itu pula, tidak sedikit jamaah haji India yang menjadikan Bir Ar-Rauha sebagai destinasi wisata saat berhaji.

Di belakang musala tersebut terlihat kolam kecil berisi air. Rupanya kolam tersebut menjadi tempat minum unta. Karena itu, di sekitarnya terlihat banyak kotoran unta. Saking banyaknya, langkah kaki harus berhati-hati jika tidak ingin tidak menginjak kotoran unta.

oni/jpc/jpk

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.