69 Ribu Jamaah Masih di Madinah, Bandara Makin Padat

JawaPos.com – Proses pemulangan jamaah haji Indonesia terus berlangsung. Hingga Senin siang (17/9), sudah 152.003 orang dari 373 kloter yang dipulangkan ke Tanah Air.

Karena total jumlah jamaah haji mencapai 221 ribu orang, berarti jamaah haji yang masih berada di Arab Saudi tinggal 69 ribu orang. Mereka semua berada di Madinah untuk melaksanakan salat Arba’in dan ziarah ke tempat-tempat bersejarah.

Tadi siang waktu setempat, suasana di Bandara Madinah, Amir Muhammad bin Abdulaziz, tampak makin padat. Sebab, banyak jamaah haji dari negara lain yang pulang bersamaan dengan jamaah haji Indonesia. Negara-negara itu, antara lain, Pakistan, India, dan Bangladesh.

Meski antrean kepulangan di bandara semakin padat, Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Bandara Arsyad Hidayat mengatakan, pihaknya tidak akan menambah jumlah petugas haji.

“Beberapa aktivitas di bandara Madinah dikerjakan oleh pihak lain. Misalnya, penurunan barang-barang milik jamaah haji yang baru tiba di bandara,” ujar dia.

Semua barang bawaan itu diturunkan oleh pekerja bandara. Turun dari bus, jamaah haji akan transit di paviliun khusus. “Di sana, pemilahan barang jamaah dilakukan oleh pihak maskapai, baik dari Saudi Airlines maupun Garuda Indonesia,” jelas dia.

Petugas Saudi juga akan mengantarkan jamaah lansia dan jamaah sakit menggunakan mobil golf. Lantas, apa peran petugas haji Indonesia di bandara?

Menurut Arsyad, petugas Indonesia hanya membantu sesuai permintaan pihak bandara. “Terutama saat pemeriksaan keimigrasian maupun pemindaian barang bawaan,” pungkasnya.

oni/jpk

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.