Anti Barat, Giliran Sosmed ‘Twitch’ Kena Blokir China

loading…

aplikasi streaming game, Twitch. FOTO/ Ist

BEIJING – Salah satu aplikasi streaming game, Twitch, diblokir di China. Situs ini memungkinkan penggunanya untuk mengunggah dan menonton live streaming yang disukai.

Padahal bulan lalu, Twitch baru saja mencapai nomor 3 di antara aplikasi gratis di China, ketika warga China mulai mengunduh aplikasi untuk menonton pertandingan e-sports di Asian Games.

Hal itu dikarenakan penyiaran CCTV yang dikelola negara tidak menyiarkan Asian Games, jadi para penggemar esport harus mencari cara alternatif untuk menonton kompetisi, terutama karena China tampil selama acara dan membawa dua medali emas.

Dikabarkan laman The Verge, Jumat (21/9/2018), perusahaan analisis seluler Sensor Tower bahwa unduhan untuk aplikasi ini pada minggu 27 Agustus naik 23 kali lebih tinggi selama masa final dari minggu sebelumnya.

Twitch yang dimiliki oleh Amazon ini, telah mengalami peningkatan besar dalam penanyangannya tahun lalu, terutama berkar Epic Games Fortnite yang banyak digandrungi.

Jumlah penonton aktif bulanan Twitch dua kali lipat pada tahun 2017 dibandingkan dengan tahun 2016. Namun mereka tak memiliki banyak pengguna China, lantaran servernya berbasis di luar negeri, yang berarti bahwa layanan streaming tertunda.

Pemblokiran itu terjadi lagi-lagi karena mengikuti pola pemerintah China yang melarang platform media barat ada di negaranya.

Hal itu nampaknya sudah menjadi lumrah lantaran jaringan media sosial seperti Facebook dan Twitter tetap dilarang secara permanen dan Google bahkan telah hengkang dari China sejal selapan tahun lalu, meski kabarnya pihak Google memaksa masuk kembali.  

(wbs)