Mantan Koruptor Saja Bisa Nyaleg, Masihkah SKCK Wajib Buat Daftar CPNS

JawaPos.com – Animo masyarakat yang ingin mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terus memuncak. Bagi calon pelamar, dokumen persyaratan dapat diunggah melalui laman http://sscn.bkn.go.id yang terdiri dari Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Persyaratan lain yang diperlukan adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Biaya yang dikenakan untuk pembuatan SKCK sebesar Rp 30 ribu. Ketentuan itu didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

SKCK pun menjadi topik yang hangat diperbincangkan di linimasa twitter. Bahkan pembahasannya sampai masuk ke trending topic. Lantaran surat tanda catatan kepolisian itu menjadi bahan guyonan di tengah banyak mantan koruptor yang kembali mencalonkan diri sebagai wakil rakyat.

Seperti yang dicuit oleh Maman Abdurrahman @maman1965 : Masihkah SKCK diwajibkan, kalau mantan napi korupsi saja boleh nyaleg?Siang2 nanya, berharap masih ada asa.

@rahmiariza2 : Nah ngapain coba pendaftaran CPNS pake SKCK.. nahh tuhh calon anggota dewan aja banyak mantan napi.. emm gk masuk bener diakalku.. kayak gk ada org lainnn…

@shitlicious : SKCK = Surat Keterangan Catatan Korupsi. Cuma dicatat, gak akan mengagalkan caleg.

@wafdanU96 : Para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diwajibkan membuat SKCK sebagai tanda terbebas dari tindak pidana dalam kurun waktu tertentu.

Tapi mantan napi Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) diperbolehkan mendaftar sebagai calon anggota legislatif. Kadang bingung, tolong cerdaskan aku.

Sungguh miris ya, selain SKCK calon pelamar abdi negara juga harus melampirkan persyaratan yang terdiri dari pas foto dengan latar belakang merah posisi potret rasio 3 X 4, juga swafoto/selfie dengan membawa kartu informasi akun Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) 2018 dan KTP.

Tak hanya itu, peserta juga harus meng-upload ijazah asli, transkrip asli, bukti akreditasi program studi pada saat lulus serta surat lamaran ditujukan kepada masing-masing instansi yang membuka pendaftaran.

(uji/JPC)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.