Gelar Acara 5 Oktober, HMD Global Rilis Nokia 9 atau 7.1 Plus?

loading…

Nokia 9 diyakini mengenakan teknologi pemindai sidik jari di bawah layarnya. Foto/ist

LONDON – HMD Global mengirim sinyal bakal merilis ponsel baru Nokia dalam waktu dekat di London, Inggris. Tebakan ini berdasarkan undangan yang diberikan produsen handphone sejuta umat itu.

Hanya tidak ada petunjuk lain di undangan terkait model ponsel cerdas yang akan dirilis. Spekulasi yang beredar, HMD Global bakal melepas Nokia 7.1 Plus yang belakangan informasinya sering bocor untuk melakukan debut globalnya.

Tapi bisa juga smartphone itu ialah Nokia 9 yang selama ini juga sering muncul rumor gambar dan spesifikasinya. HMD Global telah meluncurkan Nokia 8 Sirocco tahun ini, namun banyak orang yang masih menunggu perangkat utama yang “benar” dari merek yang pernah menguasai pasar smartphone dunia itu.

Nokia 9 memang telah menimbulkan rasa penasaran dari para penggemar teknologi seluler. Pabrikan asal Finlandia itu sendiri sempat bicara mempublikasikan handset sebelum akhir 2018. Sayang rencana itu dicabut dan digadang-gadang baru diumumkan pada gelaran MWC 2019.

Rumor yang beredar, Nokia 9 memiliki lima kamera di bagian belakang. Sedangkan 7.1 Plus harus puas dengan “hanya” dua kamera. Yang pasti keduanya membawa teknologi sensor Zeiss.

Sebagai ponsel unggulan, Nokia 9 didukung chipset Snapdragon 845. Nah untuk Nokia 7.1 Plus akan menggunakan Snapdragon 710 yang dipasangkan bersama RAM 6 GB. HMD Global berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman Android One pada semua handset-nya, sehingga kedua ponsel menjadi bagian dari program Google itu juga.

(mim)