Madura United Telan Kekalahan Perdana di Markas Sendiri

loading…

Meski menguasai jalannya pertandingan, Madura United harus mengakui ketangguhan Borneo FC/Foto/Istimewa

PAMEKASAN – Madura United tersungkur dari tim tamu Borneo FC dalam laga lanjutan pekan ke 23 Liga 1 2018. Meski menguasai jalannya pertandingan, Madura United harus mengakui ketangguhan Borneo FC 1-2 di laga tersebut

Tampil di markas sendiri, di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Sabtu (22/9/2018) sore, Madura United sejatinya mampu mendominasi jalannya pertandingan. Mereka kerap merepotkan lini pertahanan lawan lewat pola serangan yang dibangun dari sisi sayap.

Kendati demikian, publik tuan rumah dibuat terdiam setelah bek Borneo, Renan Da Silva mencetak gol di menit ke -12. Proses gol berawal dari skema serangan balik. Da Silva naik membantu serangan tim dan berhasil memanfaatkan bola muntah di dalam kotak penalti.

Tapi keunggulan tim tamu tak berlangsung lama. Dua menit berselang, skor menjadi sama kuat setelah Renan Da silva menunjukan sisi negatifnya. Dia salah mengantisipasi  umpan silang Bayu Gatra dari sisi kiri pertahanan. Bola bergulir deras ke gawang sendiri.  Hingga babak pertama berakhir, kedudukan tetap imbang 1-1 untuk kedua tim.

Di babak kedua, pelatih Madura United, Gomes de Olivera, menurunkan pola yang berbeda. Striker Greg Nwokolo beroperasi lebih melebar sebagai pemain sayap. Strategi ini  berjalan dengan baik. Madura United nyaris merubah skor di menit ke 52. Umpan Greg dari sisi kanan pertahanan lawan gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Striker  Samassa.

Setelah pertandingan memasuki menit ke 80, Borneo mencoba mengambil inisiatif serangan. Hasilnya mereka berhasil mengubah kedudukan menjadi 1-2 di menit ke- 88 melalui Sultan Samma. Proses gol tercipta lewat tendangan kaki kanan yang diarahkan ke pojok kiri gawang Madura United. Gol tersebut mengunci kemenangan Borneo di pertandingan tersebut.

Hasil positif ini menempatkan Borneo di peringkat sembilan klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 32 angka hasil dari sembilan menang dan lima imbang.  Borneo juga menjadi satu satunya tim yang berhasil mengalahkan Madura United di rumahnya sendiri, setelah 10 laga sebelumnya meraih delapan kemenangan dan dua imbang.

Sementara hasil minor membuat posisi Madura United tak bergerak dari posisi empat. Mereka mengoleksi 36 angka dari 10 menang, enam seri dan tujuh kalah.

Susunan pemain
Madura United (4-3-3) Satria Tama, Beny, fachrudin, Fabiano, Alfath, Guntur, Milad,Slamet, Greg, Bayu Gatra, Samassa
Pelatih: Gomes de Olivera

Pusamania Borneo (4-4-2) M.Ridho, Rachma, Wildansyah, Renan Da Silva, Firdaus, Maulana, Belaid. W Hamisi, S Samma, Mattias, Umanailo.
Pelatih:  Dejan Antonic

(nug)