Juri: Peserta ORS 2018 yang Masuk 6 Besar Adalah Tim Terbaik

loading…

Wahidin Wahab, salah satu juri di Olimpiade Robotika SINDO 2018 hasil kerja sama Koran SINDO, SINDONEWS.com, Generali dan Robotic Explorer. Foto/Intan R/SINDOnews

JAKARTA – Olimpiade Robotika SINDO (ORS) 2018 yang diadakan Koran SINDO dan SINDONEWS.com di Mal Kuningan City, Jakarta, hari ini sudah memasuki babak ketiga atau final. Dari sekitar 250 tim peserta olimpiade, akhirnya tersaring enam tim ke babak final.

Sampai sore hari, para peserta masih bersemangat mengikuti olimpiade yang terjalin atas kerja sama dengan Robotic Explorer dan Generali. Salah seorang juri, yakni Wahidin Wahab mengatakan, proses yang dilakukan peserta pada hari ini merupakan hasil dari rangkaian panjang.

Hari ini mereka melakukan pertandingan bertahap. Pertama, mereka menjawab pertanyaan secara multiple choice. Kemudian diberikan pertanyaan layaknya cerdas cermat. Lalu di tahap selanjutnya tim peserta merancang robot.

“Tim peserta sudah melewati rangkaian babak hari ini. Mereka yang terpilih di enam besar ini adalah yang terbaik dari segi skor,” ungkap Wahidin di sela-sela kegiatan kompetisi, Minggu (23/9/2018). Di babak terakhir para peserta merakit dan menjalankan robot buatannya sendiri.

Mengenai penilaian, Wahidin menjelaskan, penjurian para juri menggunakan parameter desain alat atau robot sesuai dengan tema yang diberikan. “Ini salah satu penilaian terhadap peserta,” imbuhnya.

Di industri sendiri penggunaan robot masih menjadi polemik tersendiri lantaran dianggap mengurangi jatah pekerjaan yang seharusnya bisa dilakukan manusia. Ditambahkannya, masih terjadi ketakutan apabila para robot ini menggantikan pekerjaan yang biasanya dikerjakan manusia.

“Sebenarnya dengan penggunaan robot kita lebih memanusiakan manusia lho,” katanya mencoba meredam kekhawatiran masyarakat terhadap kehadiran teknologi robot.

(mim)