Apple iPhone XS dan XS Max Tahan Air, Tapi Rapuh saat Jatuh

loading…

iPhone XS dan XS Max yang dites secara fisik untuk ketahanan kejatuhan dan benaman air. Foto/ist

CUPERTINO – Apple dikenal sering membuat klaim pemasaran yang bombastis selama acara peluncuran produk. Pabrikan berbasis di Cupertino, AS, mengklaim sebagai kaca paling kuat dari yang pernah ada pada layar iPhone XS dan XS Max yang dijual mahal oleh Apple.

Benarkah klaim tersebut? Seperti yang diprediksi oleh YouTuber populer, Zack Nelson dari JerryRigEverything yang menggores, membakar, dan menekuk iPhone terbaru. Bahwa
kaca tetaplah kaca yang mudah pecah.

Dilansir dari laman Phone Arena, Senin (24/9/2018), hal itulah yang dikatakan oleh SquareTrade, Inc -perusahaan perencana jaminan- ketika menjatuhkan iPhone XS dan iPhone XS Max dari sudut yang berbeda menggunakan mesin robot.

Dari tes itu, mereka meminta pengguna melupakan jargon kaca paling tahan lama yang pernah ada di ponsel cerdas. Karena itu, konsumen iPhone XS dan XS Max wajib mengenakan satu kotak pelindung pada layar ponsel agar tak menyesal ketika handset jatuh. Walaupun jatuh untuk pertama kalinya kalau tak mau mengganti layar iPhone-nya yang dikenal mahal.
Apple iPhone XS dan XS Max Tahan Air, Tapi Rapuh saat Jatuh
Dari tes memang terlihat, saat dijatuhkan langsung dari ketinggian 6 kaki, tindakan tersebut menghancurkan total panel OLED yang terlihat indah. Hal sama juga terjadi pada backplate-nya yang mengkilap.

IPhone XS yang lebih kecil benar-benar hancur ketika diuji drop back oleh SquareTrade. Sedangkan XS Max sedikit lebih baik.
Apple iPhone XS dan XS Max Tahan Air, Tapi Rapuh saat Jatuh
Anda tentu menanti bagaimana ketahanannya dengan air. Soal ini, iPhone XS dan XS Max patut mendapatkan pujian. Alih-alih merendam iPhone XS dan XS Max dalam 5 meter air selama 30 menit, SquareTrade mengisi “DunkBot” miliknya dengan tidak kurang dari 138 kaleng bir. iPhone XS dan XS Max dapat bertahan jauh lebih banyak daripada tumpahan air dari gelas.

Namun secara keseluruhan mereka menyimpulkan iPhone XS lebih kuat daripada iPhone X tahun lalu. Dan XS Max jauh lebih kuat dari keduanya, mesti tetap harus menjaga panel kacanya.

(mim)