Sisihkan Turki, Jerman Tuan Rumah Piala Eropa 2024

loading…

Jerman memenangkan hak menjadi tuan rumah turnamen sepak bola Piala Eropa 2024/Foto/rt.com

NYON – Jerman memenangkan hak menjadi tuan rumah turnamen sepak bola Piala Eropa 2024. Juara Piala Dunia 2014 itu mengalahkan Turki pada pemungutan suara di markas UEFA di Nyon, Swiss, Kamis (27/9/2018).

Badan Sepak Bola Eropa mengumumkan keputusan setelah pemungutan suara oleh Komite Eksekutif. Sebelum pemungutan suara, tawaran Jerman disebut-sebut sebagai pilihan yang aman. Ada 10 venue yang diusulkan untuk turnamen di Jerman, dan tidak memerlukan pekerjaan yang signifikan untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa 2024.

Sedangkan Turki mengusung tema persatuan. Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Turki Servet Yardimci juga mengatakan bahwa penyelenggaraan Piala Eropa 2024 di Turki akan membantu kemajuan hak asasi manusia di negara tersebut.

Namun, laporan UEFA mencatat ada ‘risiko’ dalam jumlah investasi infrastruktur yang diperlukan di Turki untuk menjadi tuan rumah turnamen.

“Skala pekerjaan yang akan dilakukan dalam kerangka waktu yang diberikan adalah risiko, terutama dalam kombinasi dengan ketergantungan pada beberapa bandara untuk perjalanan internasional dan domestik,” kata laporan itu.
Sisihkan Turki, Jerman Tuan Rumah Piala Eropa 2024
Jerman sebelumnya telah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006 – yang secara luas dipuji sebagai sebuah keberhasilan- serta Piala Eropa di Jerman Barat pada 1988.

Jerman juga salah satu dari 12 negara yang akan menjadi tuan rumah pertandingan di Piala Eropa 2020, sebelum turnamen itu mengembalikan format single-host untuk edisi berikutnya.

(sha)