PUSPIPTEK-Sinar Mas Land Bangun GIPTI Jadi Silicon Valley di BSD

loading…

BSD CITY – Indonesia tidak lama lagi akan memiliki Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi (GIPTI) pada Juni 2019. Pembangunan GIPTI merupakan kolaborasi antara Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) Serpong bersama dengan Sinar Mas Land yang berlokasi di Jalan BSD Grand Boulevard, BSD City, Tangerang, Banten.

Area GIPTI akan menempati lahan PUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, seluas 15 Hektare. Ke depan, GIPTI memiliki peran sangat penting bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi di Tanah Air. GIPTI menjadi show case kemajuan inovasi dan teknologi terapan terkini, tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat di bidang IPTEK, dan tempat pemasaran bagi produk-produk UKM dan startup berbasis teknologi binaan inkubator bisnis teknologi di PUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pengembangan GIPTI sesuai dengan program pengembangan National Science & Technology Park (N-STP) PUSPIPTEK.

’’GIPTI merupakan proyek kolaborasi Puspitek dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 80-an dalam membangun kawasan technopolis,’’kata Muhammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi setelah groundbreaking GIPTI di BSD City, Kamis (10/4/2018).

Menristek menjelaskan bahwa pihaknya mencoba menghidupkan kembali konsep kawasan technopolis dengan dijadikannya PUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai N-STP. ’’GIPTI tidak hanya fokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek, namun juga sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional, pusat penumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, serta pusat pelatihan bagi SDM industri,” paparnya.

CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land, Christopher Siswanto Adisaputro, mendukung pembangunan GIPTI bagi kemajuan ilmu pengetahuan,teknologi dan inovasi di Indonesia. ’’Kami sangat mendukung pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di BSD City. Berharap kolaborasi ini dapat semakin mendukung tujuan BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city,’’kata Christopher.

BSD City, lanjut dia, menggarap proyek kawasan Digital Hub yang ke depannya akan menjadi ‘Silicon Valley’ di Indonesia. Menurutnya, kehadiran GIPTI juga memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektor teknologi dan riset dan sebagai talent pool bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub.