Moliku Motor Listrik Bertenaga Surya Buatan Mahasiswa Makassar

loading…

Moliku motor listrik karya Mahasiswa Makassar. FOTO/ ist

MAKASSAR – Penyelenggaraan pameran IIMS Makassar 2018 tahun ini dimeriahkan oleh kehadiran motor listrik hasil karya mahasiswa dari dua Universitas ternama di Makassar yaitu Universitas Hasanuddin dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Universitas Hasanuddin mengenalkan motor listriknya yang bernama Moliku. Moliku merupakan motor kurir yang menggunakan tenaga listrik yang sumber energinya berasal dari batterai. Design Moliku dilengkapi dengan panel surya untuk menangkap energi listrik di bagian belakang.
 
Sementara itu, Politeknik Negeri Ujung Pandang hadir dengan memamerkan salah satu karya motor listrik dari mahasiswanya yang berasal dari jurusan Teknik Mesin. Motor listrik yang dirancang khusus untuk mengangkut sampah ini mampu menampung beban hingga 60 kilogram dan berlari hingga 60 km/jam dan menggunakan baterai aki kering berkekuatan 48 volt sebagai penggerak mesin. Kehadiran motor listrik ini diharapkan mampu memberi inspirasi bagi masyarakat khususnya warga kota Makassar untuk bisa terus menghadirkan inovasi dalam industry otomotif Indonesia. “Kami juga berharap kendaraan listrik ini bisa diproduksi secara massal agar bisa membantu mengurangi polusi kendaraan kota Makassar” ujar Alfaro, mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang.
 
Dari ajang Custombike Expo dan Championship, pengunjung masih bisa mengikuti beragam talkshow yang menghadirkan builder-builder yang telah berpengalaman di bidangnya. Talkshow hari ini akan menghadirkan David Zutur dari Elders Garage, yang merupakan builder Chopperland milik Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Pengunjung juga masih bisa merasakan sensasi langsung menaiki motor Chopperland tersebut dan berpeluang mendapatkan hadiah eksklusif Helm design IIMS.
 
Acara lain yang bisa disaksikan hari ini adalah Photo Rally competition yang menampilkan model Rere Valentina, Miss Popular 2015. Selain itu, di area experience pengunjung juga bisa mencoba game virtual reality. “Kami berharap IIMS Makassar 2018 menjadi destinasi keluarga di akhir pekan ini, karena banyak program pendukung sudah kami sesuaikan untuk dinikmati seluruh anggota keluarga pada akhir pekan”, ucap Helmy Mustamin selaku Branch Manager — PT Dyandra Promosindo.

(wbs)