Joachim Loew Buka Perdebatan Soal Masa Depan

loading…

Joachim Loew membuka diri pada pihak yang ingin berdebat soal masa depannya. Foto : REUTERS

MUENCHEN – Kekalahan telak yang dialami Jerman atas Belanda membuat Joachim Loew mulai mendapat sorotan. Loew sendiri bersikap realistis dan siap membuka wacana soal masa depannya.

Dalam sejarah sepak bola Jerman, kekalahan atas Belanda pada akhir lalu di Liga Bangsa Bangsa UEFA menjadi pukulan telak. Itu adalah kali pertama setelah 16 tahun Belanda bisa menumbangkan Der Panzer.

Usai kekalahan di Amsterdam Arena, Loew sudah memberikan isyarat kalau tekanan akan datang padanya. “Tentu saja saya harus mengharapkan itu (perdebatan soal masa depannya). Ini adalah sesuatu yang harus saya jalani. Kami semua harus bertanggung jawab atas hasil ini,” ucap Loew dikutip ESPN, Senin (14/10/2018). (Baca juga : Reaksi Joachim Loew Usai Jerman Dibantai Belanda)

Menurutnya perdebatan soal kariernya itu adalah hal lumrah. “Namun tugas saya mempersiapkan tim untuk menghadapi Prancis.”

Kontrak Loew sendiri baru berakhir pada 2022. Ia terbilang sebagai pelatih terlama di Timnas Jerman dengan catatan 169 pertandingan dengan masa bakti 12 tahun.

(bbk)