Palestina Sampaikan Terima Kasih Atas Konsistensi Dukungan Indonesia

JawaPos.com – Menteri Luar Negeri Palestina Riad Malki melakukan kunjungan bilateral dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di istana negara, pada hari ini, Senin (15/10). Pertemuan antara Riad dan Presiden Jokowi, turut didampingi oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Retno usai pertemuan menyampaikan kepada wartawan bahwa kunjungan Riad tersebut merupakan rangkaian kegiatan bertajuk Solidarity Week of Palestine. Kepada Presiden Jokowi, Riad menyampaikan salam dari Presiden Abbas.

Riad, kata Retno, menuturkan masyarakat Palestina menyampaikan apresiasi kepada Indonesia atas hubungan dan dukungan yang selama ini diberikan.

“Tadi dia (Riad) mengatakan, di manapun isu Palestina dibahas, dia melihat, di situ selalu ada Indonesia,” kata Retno, Senin.

Lebih lanjut Retno mengatakan, Riad menyampaikan bahwa hubungan bilateral Indonesia-Palestina juga sangat hangat dan kekeluargaan. Dukungan Indonesia dengan menggelar Solidarity Week of Palestine tak hanya dirasakan Riad selaku Menlu, tetapi juga masyarakat di sana.

“Oleh karena itu, sekali lagi Menlu Palestina menyampaikan terima kasih kepada Indonesia atas konsistensi dukungan yang diberikan di manapun berada. Tidak saja dukungan politik, tetapi dukungan dalam bentuk lain, (misalnya) capacity building yang diberikan kepada Palestina,” kata Retno.

Selain mengucapkan terima kasih atas konsistensi dukungan Indonesia, Riad kata Retno juga berharap peran Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (mulai Januari 2019) bisa mewakili tak hanya Indonesia tetapi juga negara-negara berkembang lain termasuk kepentingan Palestina.

“Komunikasi kita (Indonesia dengan PBB) akan kita intensifkan selama kita menjadi (anggota) DK PBB,” ucap Retno.

Sementara itu ketika ditanya rencana Indonesia untuk mendesak PBB mengakui kemerdekaan Palestina, Retno menyiratkan akan memperjuangkan apa yang telah dilakukan Indonesia sejauh ini untuk Palestina.

“Saya kira yang kita lakukan sekarang seperti itu. Tanpa Indonesia masuk (DK PBB pun) perjuangan ini sudah cukup lama,” pungkasnya.

(far/est/JPC)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.