Ditahan Imbang, Timnas Indonesia Gagal Cetak Hat-trick Kemenangan

loading…

Alberto Goncalves sempat membuka keunggulan Timnas Indonesia di menit 40 setelah umpan lambung I Putu Gede dari sisi kiri pertahanan Hong Kong diselesaikan dengan sempurna lewat sundulan. Namun lawan mampu membalas gol tersebut di menit 69 / Istimewa

CIKARANG – Timnas Indonesia mendapat perlawanan sengit selama menjamu Hong Kong pada laga uji coba yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Selasa (16/10/2018). Pada pertandingan persahabatan ini dua kesebelasan harus puas bermain imbang 1-1.

Dengan hasil imbang ini, Indonesia gagal mencetak tiga kemenangan beruntun setelah dua pertandingan persahabatan sebelumnya Evan Dimas dkk mengalahkan Mauritius dan Myanmar. Debut Muhammad Ridho pun ternoda setelah dia memungut bola dari gawangnya.

Pertandingan berlangsung ketat selama 45 menit pertama. Namun penyelesaian akhir pemain masih menjadi momok yang menakutkan, sebab beberapa peluang yang tercipta gagal membuahkan gol. Seperti yang terjadi di menit 10 ketika umpan Irfan Jaya tidak mampu diselesaikan dengan sempurna oleh Alberto Goncalves setelah sepakannya masih belum menemui sasaran.

Tujuh menit kemudian tuan rumah memiliki kans untuk membuka keunggulan. Kali ini datang dari tendangan bebas Stefano Lilipaly, tapi upaya yang dilakukannya itu masih mampu dimentahkan kiper Hung Fai Yapp.

Timnas Indonesia yang menguasai jalannya pertandingan akhirnya mampu memecahkan kebuntuan lima menit sebelum pertandingan babak pertama selesai. Memanfaatkan umpan I Putu Gede dari sisi kiri pertahanan lawan, Beto yang sedikit tak terkawal mampu menuntaskannya dengan sundulan yang tak mampu ditepis kiper lawan.

Interval pertama pun berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk Indonesia. Di babak kedua, tuan rumah mencoba untuk memertahankan keunggulan penguasaan bola. Tapi hingga menit 50, Indonesia masih belum mampu menggandakan kedudukan.

Sembilan menit kemudian, Bima Sakti melakukan dua pergantian pemain sekaligus. Rizky Pora dan Alberto Goncalves keluar. M. Abduh Lestaluhu dan Septian David Maulana masuk.

Pergantian pemain itu justru menimbulkan bencana. Ya, Hong Kong mampu menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui gol yang dicetak Festus Baise setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Ridho.

Skor berubah menjadi 1-1. Indonesia mencoba merespon gol balasan tersebut, namun sejumlah peluang yang diciptakan Irfan Jaya dkk masih belum mampu mencetak gol. Hingga pertandingan usai, skor imbang tak berubah.

(sha)