Jelang Prancis vs Jerman, Joachim Loew dalam Sorotan

loading…

Pelatih Joachim Loew dalam sorotan saat tim nasional Jerman dijamu juara dunia 2018 Prancis, dini hari nanti/Foto/Reuters

PARIS – Pelatih Joachim Loew dalam sorotan saat tim nasional Jerman dijamu juara dunia 2018 Prancis pada penyisihan Grup 1 Liga A Liga Bangsa-Bangsa UEFA 2019/2019 di Stade de France, Paris, Selasa (16/10/2018) waktu lokal atau Rabu (17/10/2018) pukul 01.45 WIB. Loew dalam situasi tertekan setelah dikalahkan Belanda.

Loew tak bisa tidur nyenyak saat Jerman dipermak Belanda 0-3 pada pertandingan Liga Bangsa-Bangsa UEFA, Minggu (14/10/2018) dini hari WIB. Pelatih peraih gelar juara dunia 2014 itu telah mencapai titik rendah setelah 12 tahun bertugas. Kekalahan melawan Prancis, membuka peluang Jerman tredegradasi ke Liga B Liga Bangsa-Bangsa.  

Hingga saat ini, Loew masih mengandalkan dukungan dari beberapa pemain yang meraih gelar juara dunia seperti Manuel Neuer, Mats Hummels, Jerome Boateng, dan Thomas Mueller (semua Bayern Muenchen).

Tapi, pilar Jerman saat ini tidak dapat memberikan apa Loew dan sepak bola Jerman sangat perlu untuk mengelola sukses kembali setelah menelan pil pahit tersingkir di fase grup Piala Dunia 2018 di Rusia.

“Kami telah belajar beberapa hal dari pertandingan emlawan Belanda. Kami benar-benar harus membuat satu atau dua perubahan taktis dan personel. Besok kami ingin menebus hal-hal yang kami buat melawan Prancis,” kata Low.

Setelah menghadapi Prancis, Loew harus memulai perubahan mendasar. Era generasi emas Jerman tampaknya telah berakhir, tapi masih ada waktu tersisa untuk berbenah. Kekalahan di Amsterdam adalah kekalahan kelima Jerman pada 2018.

Untuk pertama kalinya, tim Jerman tidak berhasil mencetak gol dalam tiga pertandingan berturut-turut dalam kompetisi besar. Menjadi terdegradasi berarti hanya berdiri untuk sepakbola kelas dua.